Rolly Maulana Awangga :: Catatan Ngoprek IT

Pakar dan Awam sama saja, sama sama belajar

Daily Archives: 13 Mei 2008

Koneksi Internet PC dengan Siemens M55 menggunakan kartu indosat m3

Well, ketika saya jalan-jalan ke sebuah mall elektronik di bandung. melirik seoonggok hp secend yang dipajang di etalasenya… wah dibenak saya (wah itu siemens tuh, cobain ah… beli..)…

akhirnya terbelilah sudah siemens yang kumaksud, seri m55 yang bisa GPRS. Uang yang kukeluarkan sebesar 300 ribu sudah terdapat hp+charger+kabel data bluetech (bukan kabel data aslinya) yang bisa sekaligus jadi charger.

pertama-tama saya buka ubuntu ku yang lucu dan imut. Kali ini saya menggunakan kartu indosat m3, silahkan untuk kartu yang lainnya bisa dicoba tinggal diganti parameternya saja . ok… colokin hpnya dengan kabel datanya kemudian langsung buka terminal dan mengetikkan perintah :

awangga@awangga:~$sudo wvdialconf

setelah itu saya edit wvdial.conf nya sama seperti saya menset modem sebelumnya,tapi setelah dipanggil wvdial ko ngga jalan… malah jadi aneh…. serching searcing lagi… walah walah ternyata dari hasil serchingku di milis ubuntu-id sususan wvdial.conf ternyata berbeda dengan settingannku… akhir ku ikuti saja. saya coba ganti wvdial.conf nya dengan perintah

awangga@awangga:~$sudo gedit /etc/wvdial.conf

menjadi seperti ini :

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
init1 = ATZ
Init2 = AT+cgdcont=1,”IP”,”WWW.M3-ACCESS.NET
Stupid Mode = yes
Modem Type = USB Modem
Phone = *99***1#
New PPPD = yes
ISDN = 0
Username = indosat
Password = indosat
Baud = 115000

alhasil setelah dipanggil kembali, dengan perintah :

awangga@awangga:~$sudo wvdial

berjalan sempurna dan lancar…..alhamdulillah…

silahkan mencoba untuk tipe siemens nya ya….

legenda:

hijau : parameter yang bisa diganti tergantung operator

merah : perintah terminal

biru : isi dari sebuah file